Cream Dokter & Problem Jerawatku (Part 1)

​Hai haiii???

Karena beberapa hari yang lalu postingan aku yang ini gak sengaja kehapus. Jadi aku upload lagi.😂😂😂

Iseng-iseng nih. Waktu ndak ada kerjaan di tempat kerja akhirnya ngetik-ngetik di note hp.
Mau cerita pengalaman gue sama jerawat.
Di keluarga gue banyak banget yang punya anak cewek dan yang berjerawat pun juga ada. Tapi diantara mereka semua gue yang terparah kalo masalah jerawatan. Kulit wajah gue yang berminyak emang gampang banget buat dihinggapi jerawat. Karena dulu gatau kan ya. Kalo debu dan kuku tangan itu bahaya banget, apalagi basicnya emang ga pinter ngerawat wajah juga. Awal mulai ngerawat wajah itu kalo ga salah SMP (entah kelas berapa). Awalnya aku cuma pake pelembab pond’s yang warna pink. Itupun karena pond’s lagi booming banget (sad). Waktu SMP gue belom jerawatan cuma masih item(banget). Masih belom ngerti juga harus ngebersihin wajah dengan pembersih. Jadi, tiap hari pulang-pergi sekolah naik sepeda ga keitung tuh debu yang udah ngendap di muka gue.

Masuk SMA baru deh ada yang nyaranin buat ngebersihin muka pake pembersih. Kelas 1 SMA emang belom ada jerawat yang bandel cuma kecil-kecil di jidat abis gitu ilang. Nongol lagi. Ilang lagi (yaa kaya kamu gitu). Waktu masuk kelas dua mulai deh jerawat yang lumayan bandel nongol di jidat dan di antara alis. Setiap apa kata orang yang nyuruh kasih ini lah itu lah gue ikutin sampe-sampe capek sendiri, karena jerawatnya gamau bener-bener hilang. Dasarnya tangan gue emang ga pernah bisa diem, jadi tiap ada jerawat ilang sebelahnya pasti tumbuh lagi. Ketika masuk kelas 3 SMA jerawat yang lebih parah muncul. Jerawat yang gedenya secoklat chacha muncul menuhin pipi gue. Kaya berasa coklat chacha warna merah nempel di muka gue. Waktu SMA itu keluarga gue ekonominya lagi minim banget jadi buat ngerawat wajah ke dokter ataupun skincare yang mehongnya minta ampun belom bisa. Tapi gue juga berusaha pake ini itu yang masih terjangkau lah harganya. Seinget gue pernah pake obat jerawatnya dari La Tulipe, karena emang jerawat gue bandelnya banget pake obat jerawat itu cuma bikin cepet keluar cairannya tapi masih nongol lagi jerawatnya di tempat lain. Tiap malem sebelum tidur ibuk udah nyiapin irisan apel, jeruk sama tomat. Tapi apa yang terjadi? Tidak terjadi perubahan apa-apa sama wajah gue. Pernah minum Nourishskin juga ga mempan.
Tiap gue sebel kenapa muka gue kaya gini dan temen-temen gue engga. Gue langsung marah dan ngedumel sendiri sama apel, jeruk & tomat yang di sodorin ibuk sebelum tidur.

“Males ah buk. Kalo makan ini juga ga mungkin bikin wajahku bersih dari jerawat”

Sambil berkaca-kaca gue ngomong kaya gitu. Seakan-akan gue ga ngehargain kerja keras ibuk buat ngupasin jeruk. Ngirisin tomat sama apel tiap malem. Dengan harapan muka gue ga berjerawat lagi. Mak gue dengan muka sebel tapi masih tetep sabar ngejawab.

“Kan semuanya juga butuh proses. Ga mungkin kalo bisa langsung bersih”

“Tapi ini udah hampir setahun. Ga ada perubahan sama sekali”

Ibuk cuma diem. Gue juga tau kalo sebenernya ibuk juga sedih liat muka gue kaya gini. Serasa gue kaya tersisih dari temen-temen gue yang engga jerawatan dan bisa gonta-ganti pacar. Beliau takut gue merasa minder. Sebenernya sih iya. Gue takut kenalan sama cowo karena wajah gue yang jerawatan kaya gini. Daripada nanti tuh cowo kaget waktu ketemu gue yang ternyata jerawatnya bejibun gede-gede pula, ya mending gue ga deket sama siapapun. Gue ngerasa itu yang terbaik sih daripada liat langsung ekspresi tuh cowo yang kecewa waktu ketemu gue. Gue jadi bahas cowo ya? Padahal judulnya ngomongin jerawat –‘
Gue jadi bahas cowo soalnya sahabat-sahabat gue yang cantik dan pengertian ini pada suka nyomblangin gue. Tapi pada ga pernah gue tanggepin. Mereka capek denger kalo gue curhat kenapa ga pernah punya cowo. Sedangkan temen-temen gue yang lain udah pada gonta-ganti pacar (sad).
1. Karena emang ga pede
2. Karena emang gue ga suka dikenalin (dicomblangin)
Aneh emang gue ini. Curhat ga punya-punya pacar giliran dicomblangin ga gue tanggepin. 
Udah ya balik lagi ke persoalan jerawat. Jadi meleber kan ceritanya. Waktu lulus SMA ga ngelanjutin kuliah dapet duit lebaran (biasanya duit itu gue pake buat bayar sekolah dan buku) gue pake buat ngebenerin wajah ke beauty & skin care kaya gitu. Lumayan deket sama rumah masih bisa dijangkau lah pake motor. Awal dateng kesana mbaknya cukup kaget sama masalah muka gue yang jerawatnya parah banget.

“Kalo di chemical (entah tulisannya bener gitu apa engga) aja gimana?”
“Itu kayak di facial gitu ga mba?”

Awal-awal gue emang takut banget facial. Mungkin itu juga salah satu yang bikin jerawat makin bejibun dan gede-gede. Gue takut di facial *ngebayangin sakitnya di pencet-pencet.kraii*. Lagipula ibuk juga kurang suka kalo di facial. Takutnya malah salah pencet jerawat.

“Engga kok ini beda sama facial”
“Yauda mba kalo gitu”

Dengan pasrah dan berharap wajah gue bisa sembuh dari jerawat akhirnya gue masuk ke ruang sidang *eh maap. Ke ruangan tempat chemichal. Awalnya di bersihin dulu. Abis gitu kaya di kasih obat (yang panasnya dan perihnya barasa banget) di sinar-sinar entah sinar apa. Setelah mbaknya puas mencet-mencet jerawat gue (engga gitu juga sih). Setelah selesai semua di kasih obat jerawat yang bikin perih (lagi) *sabar*, lalu diolesin sunblock untuk menghindari pancaran sinar matahari.
Keluar dengan wajah merah-merah gue tutupin sama masker biar ndak kena debu. Abis gitu beli sunblock, cream malam, cleansing jerawat dan obat jerawat. Kantong langsung pess alias kempess. Tapi ndak papa demi kebaikan wajah gue yang di penuhi jerawat agar kembali normal. Besok paginya waktu bangun tidur muka gue kaya abis di bakar. Jerawat yang gede-gede dan merah kemaren berubah jadi gosong-gosong kering. Ya walaupun cairan di dalemnya belom pada keluar soalnya masih ketutup kulit yang gosong. Semakin hari semakin bersih tinggal ngilangin bekas warna merahnya. Tapi gue denger selentingan cerita temen SMP gue yang bilang kalo obat/cream kaya gitu ndak baik buat muka nanti akibatnya bakalan ketagihan kalo ndak dipake terus creamnya. Oke gue mulai goyah dan jadi takut pake cream. Akhirnya, setaun pake cream teratur. Tahun kedua jarang-jarang. Tahun ketiga jarang banget bahkan beberapa bulan terakhir berenti cream malam. Niatku sih, pengen berenti cream dan cuma facial aja. Temenku ada yang cuma facial terus bisa bersih (aku pengen kaya gitu :’>).

Tapi apa yang terjadi??

Oke..langsung lanjut ke postingan part 2 – nya yaa. Klik link ini.

See you next post.:))

Leave a Reply

