MOS Unpredictable!!

Nemu buku waktu MOS dan bikin gue inget kejadian tak terlupakan. :))

MOS

Pagi ini pukul 06.00 gue udah siap buat masuk sekolah dan mulai MOS. Kalian tau kan MOS? Oke buat yang belum tau, MOS itu Masa Orientasi Siswa. Setelah melalui proses panjang dan sempet deg-degan takut gak masuk ke SMA yang udah gue idam-idamkan dari SD. Dan sekarang hari gue di mulai.

“Tin..Tin..”(suara klakson motor Mbom”)

Mbom” ini temen sekaligus tetangga gue. Sebelumnya, dari SD sampe SMP gue gak pernah satu sekolah sama dia. Baru satu sekolah juga waktu SMA sekarang ini. Sempet ragu juga mau naik motor apa engga. Soalnya ini melanggar peraturan yang di kasih sama OSIS.

“Yakin ki gowo motor?”
“Iyo leh. Engko motore deleh ning omahe koncoku”
“Lha cedak karo sekolahan gak?”
“Ogak patek kok. Engko ko kono kene mlaku bareng-bareng. Enek koncoku laine sing titip motor juga”

Hari pertama berjalan lancar layaknya anak baik pada umumnya. Masuk gak telat dan gak cari-cari masalah juga. Ngikutin aja apa yang udah di program sama kaka-kaka OSIS. Salah satunya bikin Catatan Kesalahan.

Jadi, kalo ada yang buat kesalahan entar di suruh ngisi sendiri dan bakalan di tanda tangani sama DD(Dewan Disiplin). Dibanding kaka-kaka OSIS dan MPK, yang paling nyeremin itu ya kaka-kaka DD ini. Beehhh…mending diem aja kalo ketemu mereka sih. Kaka-kaka DD ini engga di senggol aja udah marah-marah mulu. Apalagi ada yang cari masalah. Bawanya penggaris besi biar nyeremin. Tapi pas di pake gebrak meja gue kaget. Anjirrr lah.

Selama MOS harus nyampe sekolah sebelum pukul 06.45. Hari ini sih gue sama mbom” engga telat ya dan ga ketauan juga kalo bawa motor. MOS hari pertama di akhiri dengan kaka-kaka OSIS ngingetin jangan lupa bawa koran 1 eksemplar buat hari kedua. Sumpah gue gak ngerti 1 eksemplar itu seberapa. Ada yang bilang satu eksemplar itu ya satu koran dengan berbagai macam jenisnya. Ada juga yg bilang satu eksemplar itu banyak. Yapss…yang paling penting emang bawa korannya yang banyak biar gak di marahin DD. Udah itu aja sih yang gue pikirin.hahaha

Hari kedua MOS. Gue sama mbom” masih naik motor bareng lagi. Liat jaket geletak di kasur. Mau bawa jaketnya tapi gue pikir-pikir. Akhirnya gue mutusin, gausa bawa jaket dulu deh. Buru-buru juga mbom” udah di luar nungguin gue.

“Koranku sak mene cukup pora mbom?”(pasang muka sedih)
“Wes akeh kuwi.aku yo sak mono”
“Yowis ayo budal”

Sampe di rumah temen mbom” anak-anak yang lain lagi pada ribut masalah koran. Ternyata ada anak yang bawa korannya kurang. Dia minta di anter anak-anak lain buat beli koran lagi dan gak ada yang gubris. Karena emang waktu itu jamnya udah mepet kalo sampe telat bakalan di hukum. Akhirnya gue nawarin diri buat nganterin dia beli koran lagi. Tapi apa? Temen-temen yang lain juga nitip beli tambahan koran. Kamvret!!

“Yowis aku titip tukokno juga”(anak 1)
“Eh..aku iyo titip juga”(anak 2)
“Aku iyo..aku iyo”(anak 3)
“Sing penting aku ojo tinggal lho yo?”(melly bilang dengan nada agak gemetar saking groginya.krn takut telat.korannya kurang pula)

Gue inget banget anak yang gue anter beli koran ini pernah kenalan waktu pendaftaran. Namanya Melly. Wajah polos dan oonnya dia yang bikin gue ngerasa kasihan. Waktu pendaftaran ga sengaja dia sebangku sama gue. Temen SMP gue namanya Adam minta dikenalin sama dia.


Pendaftaran

“Sst..sst..”(yang lain pada nengok.gue diem aja.soalnya ga ngerasa kalo gue yang di panggil)
“Dhil!! Kecsghyjkojhghjjk”(gue ga denger temen gue ngomong apaan)
“Opo?”
“Takokno sebelahmu jenenge sopo?”

“Eh..kae lho ono sing nakokno awakmu.jenengmu sopo?”
“Hehe.sopo i?”(sambil tersimpul senyum-senyum kecil di wajahnya)
“Iku lho sing ning guri.sing item.jenenge Adam.jenengmu sopo?”
“Aku…Ruri”

Nama panjangnya Melly Rurita tapi di rumah biasa di panggil Ruri. Entah kenapa waktu itu dia nyebutinnya Ruri bukannya Melly. Tapi temen-temen di sekolah manggil dia Melly kok.

“Milih i opo meneh,mell? Wes yahmene lho…”
“Iyo sik iki lho madak-madakno sik.sing sepaket sing endi”
“Yowis ayo tak ewangi ben ndang bar.wes yahmene soale.engko nek telat di hukum”(udah rela deh gue kalo hari itu bakalan di hukum)
“Wes ayo”
“Wes yakin ki? Sakmene cukup?”
“Jare mau mbo kon ndang gage?”
“Oh iyo.yowis ayo.selak telat”
Dan beneran aja gue sama melly di tinggal. Rumah temen mbom” udah sepi. Mereka yang pada titip koran tadi udah berangkat ke sekolah. Gue sama melly langsung berangkat. Di tengah jalan kami sama-sama lupa jalan pintasnya.*bego berjamaah*

“Eh awakmu ngerti ga jalan pintase sing wingi?”(tanya gue sambil ngos-ngosan.deg-degan udah ga kekontrol karena takut telat)
“Oga.aku yo lali”
“Aku ngertine dalan sing muter.luweh adoh.terus lewat ngarep STM”
“Yowis lewat kono ae”
“Yowis ayo mlayu meneh”

Kalian tau kan STM?
Bisa di bilang STM itu gudangnya cowo. Yaa walaupun sekarang murid cewenya juga banyak. Di tengah-tengah lari ada insiden pula. Entah dewi sial apa yang nempel di badan melly sampe bisa kaya gini.

“Do’oh..tasku pedot”(melly ngomong sambil ngos-ngosan)
“Loh?yowis kene korane tak gowone”

Kami lari lagi sampe samping STM gue minta pelan-pelan.

“Eh sik sik..alon-alon ae.lewat ngarep STM koyo mlaku biasa ae”(tetep harus jaga image banget.wkwk)

“Oh.iyo iyo..”
“Ojo ketok nek kene lagi cepet-cepet”

Sambil nahan ngos-ngosan, kami lewat depan STM kek jalan di catwalk dan ada angin-anginnya gitu. Gue sambil bawa koran. Melly bawa tasnya yang putus. Untung yang putus tas bukan hubungan. Aposeee. Adegan tadi bisa di bilang sebelas dua belasnya scene Goblin sama Grim Reaper beli daun bawang.
Dan beneran ada cowo-cowo yang lagi nongkrong depan kelas. Banyak pula. Gue butuh baling-baling bambunya doraemon please.😭😭😭 Jalan 200meter aja berasa kaya dua kilo. Di suit-suitin pula sama anak STM. Ini hari apa Yaa Allah. Karena jarak jaga image udah abis, gue langsung ngajakin melly lari lagi.

“Eh.wes lewat STM.ayo mlayu neh”
“Iyo ayo ndang gage selak telat”

Nyampe sekolah harapan gak kena hukuman musnah sudah. Udah telat beberapa menit. Kaka-kaka DD udah ada yang jaga depan pintu. Akhirnya yang telat di suruh nulis di buku Catatan Kesalahan yang gue bikin kemaren. Lalu kami di suruh langsung gabung ke barisan masing-masing”.
Hukumannya ga jadiii???
Eitss..kata siapa? Entar hukumannya pas waktu istirahat.

Gue sama melly ngomel-ngomel sama temen yang udah ninggalin kita.

“Wooo.kok mbo tinggal eh?”(melly ngomong sambil bisik-bisik masuk ke barisan)
“Lha jam e wes kawanen kok”(anak 1)
“Kowe kesuwen kok”(anak 2)
“Lha yo nek telat piye”(anak 3)

Setelah semua anak berkumpul dalam barisan ada guru bagian marching band nyuruh duduk dan ngedaftar anak-anak yang waktu SMP ikut marching. Gue sama mbom” juga termasuk anak marching waktu itu. Karena emang jadwal karnaval 17 Agustus udah mepet. Jadi, pihak sekolah langsung aja ngerekrut anak-anak yang dulu di SMP pernah ikut marching supaya ngelatihnya engga kesusahan. Semua yang sudah di daftar pada jam terakhir nanti di suruh ngumpul di luar aula.

Jam istirahat tiba gue sama melly cuma pasrah nerima hukuman dari kaka OSIS dan DD. Kami di suruh muterin lapangan dan lewat depan kelas kaka kelas. Cobaan apalagi ini Ya Allah. Sambil pegang telinga dan di suruh nyanyi potong bebek angsa~angsa di kuali~nyonya minta dansa~dansa empat kali~serong ke kiri~serong ke kanan~lalalalalalalala~~~ (you sing.you lose.wkwk). Ini mah bukan you sing you lose. Ini emang beneran nyanyi. Hhhh..tutup panci.

Setelah nyelesaiin hukuman gue sama anak-anak lain yang kena hukuman juga,kami diperbolehkan masuk ke aula kembali. Lalu, acara masuk ke kelas per tiap kelompok di suruh bawa koran yang udah disiapin sebelumnya. Koran ditaruh di meja. Kaka OSIS lagi asik ngasih keterangan ini dan itu. Tiba-tiba kaka-kaka DD masuk sambil gebrak-gebrak pintu pake penggaris besi. Koran anak-anak yang udah di taruh di meja cuma di gebrakin aja sambil bilang “KURANG!!”. Kaka-kaka DD yang cantik dan ganteng kenapa ngagetin mulu sih. Kan aku jadi kaget. Ya iya lah masa jadi rapunzell terus di jemput sama pangeran.*haluuu pake banget.hahaha*

Setelah acara di kelas selesai semua murid di suruh balik ke aula. Tapi anak marching di suruh kumpul. Horeee..gue keluarrr. Salah satu kebahagiaan jadi anak marching ya gini ini, sering keluar kelas.ehehehe
Ga ada yang aneh waktu gue keluar kelas. Tapiii temen mbom” yang lain denger di aula lagi ngebahas anak yang ngelanggar aturan yaitu bawa motorrr. MAMPUSSS. Gue sama mbom” dan temen mbom” yang titip motor pada kelabakan.
Jadi, kaka ketua OSIS ini ngeliat ada cewe pake jaket dan emang di sekolah ini ga ada perploncoan, yang cewe cuma di suruh kuncir satu aja kalo rambutnya panjang dan yang cowo di suruh potong rambut/ga boleh panjang. Gampang banget buat ngenalin anak dari sekolah sini.
Selesai acara kumpul anak marching baliklah kami ke aula. Di sana masih aja ngebahas anak cewe yang bawa motor dan pake jaket ijo.
HA HA HA
Kenapa ciri-cirinya gue banget? LOLπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Kami semua di suruh berdiri. Tas di suruh geledah dan ngeluarin jaketnya masing-masing. Karena kaka ketua OSIS tau yang di boncengin ini pake jaket.LOL againπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
GILAK!! Hari ini gue sial tapi juga beruntung!!
Tadi pagi mau bawa jaket tapi lagi males bawa. Akhirnya gue tinggal di rumah. Karena gue ga bawa jaket ya apa yang mau gue kasih ke kaka-kaka OSIS jadinya gue cuma diem dan ngerasa kaya ga ada apa-apa.
GUE AMAAAN!! :))
Malah anak-anak lain yang jaketnya warna ijo di suruh maju ke atas panggung. Tapi setelah di liat jaketnya sama kaka ketua OSIS bukan semua. Akhirnya yang udah maju ke panggung di suruh turun lagi.
Semuanya di kasih peringatan kalo hari ke tiga masih ada yang bawa motor dan ketauan bakalan di kasih sanksi.
Oke. Hari ke tiga MOS gue sama mbom” minta di anter sama wali masing-masing. Sebenernya gue sama mbom” bawa motor juga punya alasan. Mbom” tinggal sama tante dan neneknya, ortunya tinggal di luar kota buat kerja. Daripada ngerepotin tantenya jadi dia mutusin buat bawa motor sendiri. Nahh…sedangkan gue gak ada motor. Kalo ada tebengan gratis dari temen ya gamau nolak dong yaa. Hahaha. Tetep ya carinya gratisan…
Di hari ke tiga ini. Seluruh siswa baru di ajak keliling area sekolah dan di suruh gambar denahnya. Setelah semua denah selesai, kami di suruh minta tanda tangan kaka-kaka OSIS, MPK dan DD. Sambil nanti di suruh- suruh ini lah itu lah. Yang pasti harus dapet tanda tangan DD minimal 2 atau 3 (kalau ndak salah sih).
GILAKKK!!
Yang minta tanda tangan DD bejibun. Kaka DD-nya ngeselin pula. Harus mau di suruh-suruh dulu baru nanti mau tanda tangan. Gue ga mood buat dorong-dorongan sama temen yang lain. Akhirnya cuma minta tanda tangan OSIS sama MPK.
Terus tanda tangan kaka DD???
Buku gue free dari tanda tangan kaka DD. Tapi ya gitu, setelah di cek dan dikembalikan buku gue jadi ada catatan kayak gini.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Sempet takut juga kira-kira bakalan di hukum apaan. Eh ternyata engga dapet hukuman apa-apa.

I’m Lucky again!!!

Setelah apa yang terjadi sama gue & melly. Kalo ketemu kami saling senyum-senyum ga jelas.
Kayaknya emang gue sama melly ditakdirin jadi temen. Kelas XI sama XII gue satu kelas sama dia dan jadi tambah deket dan tiap flashback waktu MOS kita emang paling heboh ceritanya sampe temen-temen yang ngedengerin ikut ketawa. Mau di ulang berapa kalipun cerita itu pasti selalu bikin ketawa sampe pecah. Satu kata buat persahabatan kami? RAME!!

Gue tau yang telat waktu MOS bukan cuma gue sama melly. Yang bawa motor juga bukan cuma gue sama mbom” doang. Dan yang gak minta tanda tangan DD juga bukan cuma gue. Tapi yang punya bad day and lucky day di hari yang sama kayaknya cuma gue. Thank’s Allah for 3 days MOS Unpredictable. I will remember it till the end. :))
Ini pengalaman akoohh..kalau kalian pernah punya pengalaman kaya gimana waktu MOS?

Bisa loh diceritain di kolom comment..

See you :))

Leave a Reply

