Move On nggak cuma soal Kantong tapi juga Niat (Jerawat Part 3)

Sebelum baca part ini alangkah baiknya membaca ini dulu Cream Dokter & Problem Jerawatku (Part 1)  dan Move On dari Cream Dokter!! (Part 2) .

Setelah berbulan-bulan bahkan hampir setahun aku nggak update blog soal jerawat yang sekarang alhamdulilah udah mendingan. Jerawat yang keluar nggak yang gede-gede secoklat caca lagi bisa dibilang jerawat normal dan keluarnya keseringan pas mau mendekati menstruasi. Aku mau kasih beberapa tips buat muka berjerawat yang super parah kaya muka aku. Nanti di akhir aku mau kasih foto before-afternya juga.

Jadi, setelah drama bingung pake skincare apa yang nggak bikin muka ketagihan. Akhirnya muter otak lah aku. Googling skincare apa yang aman dan bisa bikin wajah tetap sehat. Soalnya, aku udah trauma banget pake cream-cream yang aku nggak tahu kandungannya apa aja apalagi soal suntik-menyuntik(re: kapooook). Lagi-lagi mulai dari awal. Kebetulan juga aku baru follow Ka Gladies(Twitter: @DapurGladies). Pulang dari Korea Timeline twitter penuh dengan skincare korea dan bikin aku nyoba nyari tahu.

Apasih ini? Sama aja kaya skincare lain apa enggak, ya? Eh, siapa tahu cocok sama muka aku? Why not?

Akhirnya, aku coba baca-baca buat muka aku yang superrrr berminyak dan berjerawat. Inget yaa, muka aku berminyak parah dan berjerawat. Jadi, kalau ada yang bermasalah sama kulit kering atau yang lainnya aku nggak tahu dan nggak bisa ngasih saran apa-apa(maaf sebelumnya).

Dari blog satu ke blog yang lain. Dari akun olshop satu ke yang lain. Semuanya aku buka dan baca ulang tiap hari. Sambil nunggu uang gajian keluar juga sih waktu itu hahahaha.

Sebelum aku kasih tahu skincare apa aja yang aku pakai. Aku juga mau kasih tahu apa aja yang aku lakuin selain pakai skincare. Karena cara ini juga cukup ngebantu buat menghambat keluarnya jerawat.

Perbanyak Minum Air Putih. Tiap pagi bangun tidur aku minum air putih secukupnya. Satu jam kemudian air hangat(bukan air panas) satu gelas. Daripada air es atau sirup aku emang lebih suka air putih. Kalian juga pasti tahu kebaikan air putih apa aja buat tubuh kita. Yak! Ayo hidup sehaaat (udah kaya iklan air putih aja) Ha..Ha..Ha…

Minum Jus Tiap Hari. Aku lebih sering bikin jus apel, wortel, jeruk, tomat, dan lobak(ini cuma tambahan aja). Iya..semuanya dicampur jadi satu. Kalau menurut aku jus apa aja yang penting kamu suka(tapi mama nggak suka wk). Aku nggak pernah pake gula, biar ada manis-manisnya walaupun aku udah manis sebenarnya haha aku tambah madu 2 atau 3 sendok makan(sesuai selera).

Olahraga. Ini penting sekali man-teman karena dengan berolahraga kalian bisa berkeringat. Karena berkeringat itu juga penting(nyata adanya). Ini saran model piyeeeee??? Yaa pokoknya berkeringat itu penting. Selanjutnya googling sendiri.

Usahakan BAB tiap hari. Karena kalau kotoran yang disimpan di perut secara berhari-hari bisa jadi racun yang bikin timbulnya jerawat. Tiap pagi tongkrongin aja di WC. Karena sesungguhnya nogkrong tidak perlu jauh-jauh di dalam WC pun jadi. Oke siap!

Ganti Sprei dan Sarung Bantal tiap minggu. Berhubung aku anaknya pemalas. Aku ganti sprei sebulan sekali mungkin ini juga yang bikin jerawat aku susah sekali hilangnya hhhh. Tapi yaa aku kan anaknya juga setia jadi nggak mau cepet-cepet ganti spreinya :’). Kenapa harus ganti sprei? Karena Sprei dan sarung bantal kita banyak debunya. Jadi, harus selalu rajin ganti sprei.

Sebelum Tidur dan Setelah Bangun Tidur Cuci Muka. Karena bisa jadi sebelum tidur itu kalian keluar rumah dan udah pasti ada debu yang menempel. Aku nggak keluar rumah pun kalau malam sebelum tidur pasti cuci muka. Karena ini penting sekali. Abis itu pakai skincare. Paginya cuci muka lagi supaya kotoran dari skincare semalam tidak menempel terlalu lama yang bahkan bisa nimbulin jerawat lagi setelah ketumpuk debu kalau kalian nggak langsung cuci muka. Cuci muka di sini yang aku maksud pakai sabun wajah ya bukan cuma bilas air doang.

Oke, sekarang aku mau kasih tahu beberapa skincare yang akau pakai selama satu tahun ini. Di awal pembelian aku pilih Son&Park Beauty Water(Toner+Exfoliate) sama Innisfree Super Volcano Pore Clay Mask(Masker).

20170128_143511

 

Kenapa aku pilih itu dulu?

Karena waktu itu sabun muka aku belum habis. Lagian aku beli skincarenya nyicil enggak langsung 10 step nggak kuat kaka hahaha. Son&Park ini segarrr syekaliii. Rasanya pas diusap ke wajah lebih bersih dan keangkat aja gitu debunya. Oh iya, aku bukan pengguna make up seperti wanita lainnya jadi aku nggak pakai step yang terlalu banyak. Kalau untuk masker innisfree ini gimana ya ceritainnya. Pokoknya Laff syekaliii. Yang pasti sih ngangkat minyak banget. Buat muka aku yang super berminyak dan berjerawat cocok banget lah.

List berikutnya aku beli Cosrx One Step Pimple Clear Pad(Exfoliate), Cosrx Aloe Soothing Sun Cream, dan Cosrx Salicylic Acid Efoliating Cleanser(Facial Wash) yang sekarang udah ganti nama jadi Cosrx Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser.

20170218_155522

20170218_155555

20170218_155657

Urutan skincare aku selama sebulan sebelum beli skincare lain lagi:

Cosrx Salicylic Acid Efoliating Cleanser(Facial Wash)

Cosrx One Step Pimple Clear Pad(Exfoliate)

Son&Park Beauty Water(Toner+Exfoliate)

Cosrx Aloe Soothing Sun Cream(Sun Cream)

Innisfree Super Volcano Pore Clay Mask(Masker)

Kalau untuk maskernya aku pakai 2-3 kali dalam satu minggu. Selama satu bulan pakai skincare sesuai urutan di atas muka aku mulai membaik. Jerawat muncul pas mau mens. Tapi kurang suka sama sun creamnya soalnya masih berasa berminyak banget kalau dipake di muka aku dan akhirnya masih sampe sekarang padahal udah hampir satu tahun aku belinya hhhh. Udah sempet aku pakai selama 3 atau 4 bulanan walaupun kurang nyaman hahaha.

Kemudian list berikutnya aku beli Missha FTE (Essence) sama Missha Science Activator Borabit Ampoule(Ampoule). Aku belinya yang trial kit. Karena emang mau nyobain dulu. Setelah dua minggu pakai ini jerawat aku yang kecil-kecil berubah jadi jerawat besar akhirnya nggak aku terusin lagi huhuhu. Nggak cocok shayy. Oke Bhayyy. Kalau mau lihat muka kita cocok apa enggak sama skincare yang baru dicoba. Dalam dua minggu pemakaian kalau jerawat tidak ada perubahan dan malah memburuk berarti kulit kamu memang tidak cocok sama skincare tersebut. Lalu hentikan pemakaian segera. Karena kalau nggak dicoba sendiri kita juga nggak tahu mana skincare yang cocok dan yang nggak cocok. Maka dari itu sebelum beli cari referensinya jangan hanya di satu artikel saja.

Bhaayyy!

Skincare korea itu emang awal belinya bikin kantong bengek. Tapi, kalau menurut aku sesuai sama pemakaiannya yang bisa sampai 3 atau 4 bulan. Skincare yang udah aku repurchase.

Cosrx Salicylic Acid Efoliating Cleanser(Facial Wash) udah 3x beli.

Cosrx One Step Pimple Clear Pad(Exfoliate) udah 2x beli.

Karena  aku pengen ganti toner akhirnya pilihanku jatuh ke Mamonde Rose Water Toner.

20180207_134544

Pilih Mamonde atau Son& Park?

Aku lebih suka Son&Park sih karena emang lebih segar mungkin karena Son&Park bisa jadi toner+exfoliate. Kalo Mamonde cuma toner.

Berhubung skincare saja tidak cukup, jerawat aku masih sering keluar akhirnya aku coba kasih salep Cindala sama obat namanya Cyndamicyn.

20180127_133229

Salepnya aku pakai pagi&malam. Kalau obatnya aku minum malam doang itupun kalau jerawatnya lagi kumat. Karena aku nggak mau ketergantungan juga sama obat-obat kayak gitu. Aduh banyak banget yaa aku nggak maunya hahaha. Salep sama obatnya disaranin sama teman kuliah yang suaminya dokter jadi enggak pikir panjang langsung aku cobain aja(BTW, sebelumnya dia juga jerawatan parah kayak aku dia sembuh karena pakai salep itu). Selama hampir 6 bulan ini aku nggak pernah pakai bedak soalnya kalau pakai bedak besoknya jerawat nambah lagi-nambah lagi huhuhu. Udah itu aja tips meredakan jerawat secara berkala dari aku. Jangan lupa minum air putih dan berolahgaya eh.. olahraga maksudnya. Salam olahgaya!

 

20170813_080918
Daster is Life Shayy
20180116_123740
Bekas jerawat emang susah hilang.. Menurut aku ini udah progres yang cukup baik dari sebelumnya.

 

Leave a comment